Keunikan Maleo

From Nature of Sul…

Jika rupa Maleo tampak seperti Ayam, lantas apa keistimewaannya? Adakah Maleo memiliki keunikan?

Tentu saja. Meskipun tubuhnya hanya tampak seperti ayam, namun maleo memiliki keunikan yang tentunya tidak dimiliki oleh satwa lainnya (dalam bangsa burung-burungan).

Pertama, Maleo memiliki tonjolan dikepala, yang di duga mereka pakai untuk mendeteksi panas bumi yang sesuai untuk menetaskan telurnya (Meskipun hal ini masih memerlukan pembuktian secara ilmiah). Pada saat masih anak dan remaja, tonjolan di kepala ini belum muncul, namun pada saat menginjak dewasa tonjolan inipun mulai tampak.

Kedua, layaknya bangsa burung-burungan, Maleo memproduksi telur sebagai bakal calon anak. Namun uniknya ukuran telur maleo tidak seperti layaknya ukuran telur ayam. Maleo memiliki ukuran telur yang besar, mencapai 5 kali lebih besar dari telur ayam. Beratnya pun mencapai 17% dari berat tubuh sang betina (rata-rata 232 gr). Masih soal telur, dari ukuran telur sebesar itu dihasilkan kuning telur yang mencapai 67% dari total isi telur. Yang lebih unik lagi, telur-telur tersebut tidak dierami oleh induknya hingga menetas. Pengeraman telur dibantu oleh panas bumi atau oleh panas sinar matahari.

From Nature of Sul…

Ketiga, karena tidak dierami, sehingga anak maleo yang telah berhasil ditetaskan harus berjuang sendiri keluar dari dalam tanah sedalam kurang lebih 50cm (bahkan ada yang mencapai 1 m). Tidak berhenti sampai disitu, sang anak yang baru saja mencapai permukaan tanah sudah memiliki kemampuan untuk terbang dan mencari makan sendiri (tanpa asuhan sang induk). Namun sayang, kemampuan untuk bertahan hidup yang sudah mereka punyai ternyata belum cukup untuk menghindarkan mereka dari sergapan predator alaminya (termasuk biawak, elang, dan ular).

Sungguh disayangkan, jika hal ini akan terjadi pada sebagian besar anak-anak meleo.

Anda mau membantu mereka?

Advertisements

  1. thebigant

    Rupa so banya ini ente pe blog …. 😛
    Dapa lia so asyik ngebloging ini dia kang?
    Hekhekhekhekhek ….

  2. Cuma caba-coba, tapi terencana:)

  3. jon

    ha!

    maleo rule!

  4. iya, coba-coba dan sukses. postingannya di kencengin pak…apa lagi nampilin foto2 maleo dan sekitarnya dari jepretan paklik (bapak cilik) sendiri….
    dulu, kakakku yang di palu, sulteng, sering bikin bolu pake telor maleo. duluuuuu lo. sekarang sudah tobat…

  5. ida

    maleo harus di lestarikan demi anak cucu, kan ga’ lucu kalo nantinya cucu2 kita g’ bisa liat makhluk aslinya cuma bs mengamati gambarnya doang walau sebetulnya aku belu, pernah liat aslinya (lewat gambar doang he..he..). lagian maleo juga makhluk Tuhan yang punya hak untuk berkembang biak dan menghuni alam ini seperti kita manusia. bener nggak?????itu menurutku

  6. Betul apa kata Mbak Ida. Maleo hanyalah satu dari beberapa jenis satwa yang terancam kepunahan yang dimiliki Indonesia. So mari kita lestarikan untuk anak cucu kita.
    Kapan-kapan kalo ke Sulawesi, mampirkan ke tempat kami untuk melihat maleo di habitat aslinya.

  7. ine

    Tadinya saya kira gak jauh beda dengan ayam, sebab dari tampilannya saja masih bisa lebih menarik ayam…
    Ternyata…. banyak juga kelebihan dan keunikan si maleo itu ya…
    Ok, tks banyak infonya, mudah2an bisa membuat kita lebih hirau dan menjaga keberadaannya.

  8. herry mantiri

    burung maleo harus di lestarikan di tempat2 lain seperti di sulut

  9. cholid mudzakky

    Maleo harus diselamatkan demi anak-anak kita, karena Maleo warisan Indonesia yang harus kita lestarikan

  10. saya org lama di maleo,tp org baru di site maleo,Maxcrocephalon male^o.




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: